Selasa, 08 September 2009

Peristiwa-peristiwa yang Berhubungan dengan Hari Kiamat

Tanda-tanda orang beriman adalah mempercayai yang gaib-gaib sebagai mana disebutkan dalam Alquran surah Al Baqarah ayat 2. diantara yang gaib itu adalah hari akhir dan peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan hari kiamat tersebut,diantarnya sebagai berikut.
1. Barzakh
Barzakh artinya pemisah antara dua benda atau dua keadaan yang tidak sama. Sedangkan alam barzakh ini yang dimaksud adalah alam antara kehidupan dunia dengan kehidupan akhirat. Alam barzakh disebut juga alam kubur karena manusia yang berada di alam barzakh jasadnya berada di liang kubur.
2. Kiamat
Hari kiamat merupakan peristiwa yang sangat luar biasa dahsyatnya. Peristiwa dimulai dengan tiupan sangkakala yang pertama,diikuti bergoncang dan terangkatnya bumi,gunung-gumung terlepas dari tempatnya,berbenturan dan berterbangan seperti kapas yang tertiup angin dan langit pun terbelah.
3. Ba'ats
Setelah semua mati,maka sangkakala di tiup sekali lagi. tiupan sangkakala yang kedua kali ini,menandai yaumul ba'ats di mana semua manusia dibangkitkan kembali untuk kemudian menjalani pemeriksaan terhadap amal perbuatannya yang telah dilakukan selama hidup di dunia.
4. Makhsyar
Sesudah manusia dibangkitkan,mereka dikumpulkan di suatu tempat(padang makhsyar) untuk menjalani pemeriksaan amal yang dilakukan selama hidup di dunia. Segala tabir rahasia dibukakan,tidak ada lagi yang dapat disembunyikan. Hari itu dinamakan Yaumul Ardh(hari pertunjukan). Se3mua pekerjaan yang baik maupun yang buruk akan diperlihatkan. Pada hari berkumpul dipadamg makhsyar itu,setiap orang tidak sempat memperhatikan orang lain karena setiap orang sibuk dengan urusannya sendiri. Pada hari itu orang tua tudak dapat membantu anaknya,juga sebaliknya. Tetangga tidak dapat membantu tetangga yang lainnya. Demikian juga harta benda yang dimiliki selama hidup didunia,tidak sedikit pun dapat menolong pemiliknya. satu-satunya yang dapat menolong adalah jeimanan yang benar,keyakinan yang teguh terhadap segala sesuatu yang wajib diimani9 sesuai dengan ajaran agama islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar